Naik Bus AKAP Barang Bawaan dan Bagasi Tanggungjawab Penumpang

Naik Bus AKAP Barang Bawaan dan Bagasi Tanggungjawab Penumpang

Bus AKAP menjadi alternatif bepergian yang ekonomis, dimana mengalami peningkatan penumpang saat ini. Bahkan selama pandemi naik bus AKAP sangat mudah menggunakan vaksin kedua sebagai syarat naik bus AKAP.

Bus AKAP memiliki harga tiket yang terjangkau sehingga bisa menjadi pilihan untuk pergi ke luar kota. Untuk harga tiket bus AKAP yang murah, untuk tujuan Jakarta-Surabaya bisa dibeli dengan harga Rp280.000 saja dengan fasilitas yang lengkap memanjakan dan melalui tol Trans Jawa. Bus Jakarta-Surabaya kamu bisa naik Sinar Jaya, DAMRI, Haryanto, dll.

Dengan jenis bus AKAP masa kini dengan bertipe high deck (HD) atau ultra high deck (UHD), selain fasilitas didalamnya, juga membuat kapasitas bagasi sangat lega bahkan bisa memuat sepeda motor sekalipun.

Selain membawa penumpang, bus AKAP juga melayani pengiriman barang dari kota ke kota antar provinsi.

Waspada Barang Bawaan

Ketika naik bus AKAP, biasanya penumpang membawa barang bawaan yang cukup banyak. Jika ukurannya besar, seperti koper atau kardus, bisa disimpan di bagasi yang ada di bawah deck, sedangkan bila barang kecil cukup masuk ke kabin.

Waspada barang bawaan di bus AKAP

Perlu diwaspadai oleh semua penumpang bus AKAP agar selalu berhati-hati membawa barang bawaan ke dalam bus AKAP, entah itu di bagasi bawah atau di kabin. Aksi kriminalitas bisa terjadi di bus AKAP. Kejadian yang bisa terjadi seperti penumpang yang barangnya hilang atau tertukar.

Disini dituntut penumpang lebih waspada terhadap barang bawaannya. Mengenai barang yang hilang atau tertukar juga bukan tanggung jawab dari pengemudi, kru atau perusahaan bus AKAP sendiri.

Pengemudi maupun kru bus AKAP tidak tahu barang apa saja yang dibawa penumpang, penumpang juga tidak memberikan informasi kepada awak bus. Namun, ketika barangnya hilang, penumpang melapor ke kru yang tidak tahu apa-apa soal barangnya.

Penumpang bisa saja menitipkan barang ke kru, dengan bilang membawa barang berharga. Pengemudi dan kru dengan senang hati mengamankannya, jadi kalau hilang bisa minta pertanggungjawaban ke orang yang dititipkan.

Kru bus juga akan welcome bila ada penumpang titip barang bawaan yang berharga, penumpang juga bisa memberikan sejumlah uang untuk mengamankan barang bawaan bila benar-benar takut kecurian.

Terlebih di dalam kabin bus AKAP juga terpasang CCTV aktif untuk memantau dalamnya bus AKAP untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tips Efektif Cegah Aksi Pencurian di Kabin Bus AKAP

Salah satu kriminalitas di bus AKAP adalah aksi pencopetan atau pencurian barang, dimana pencopet/pencuri bisa menyamar sebagai penumpang.

Perbedaan dengan copet biasa, pencuri yang beraksi di bus AKAP biasanya turut memesan tiket sehingga mengikuti keseluruhan perjalanan. Sehingga banyak sekali kesempatan para pencuri ini beraksi, seperti saat malam atau beristirahat di restoran.

Meskipun di dalam bus AKAP sudah dipasang beberapa CCTV, peluang pencurian masih bisa terjadi, terlebih bila ada kelalaian dari penumpang.

Bila kamu membawa barang berharga seperti smartphone, laptop, perhiasan, dll, bisa kamu jaga dengan cara disimpan dengan baik dalam wadah khusus dan selalu dalam pengawasan kamu. Bahkan disaat kamu tidur sekalipun. Usahakan tidak meletakkan barang berharga jauh dari pengawasan.

Tempat yang lumayan aman didalam bus AKAP untuk menyimpan barang berharga adalah di bawah kaki kamu, sehingga pencuri yang hendak mengambil barang kamu, harus bersusah payah melewati atau bisa menyentuh kaki kamu.

Tips bawa barang di bus AKAP

Ketika waktunya istirahat makan ditempat yang ditentukan/restoran, bawalah barang berharga kamu bersamamu. Jangan ditinggalkan di dalam bus. Apabila kamu melakukan perjalanan tidak sendirian alias bersama teman atau pasangan, bisa saling bergantian menjaga barang dengan kewaspadaan tinggi.

Kemas barang bawaan dengan baik dan dipacking rapi sehingga memudahkan pula dalam membawanya. Barang bawaan seperti kardus, koper atau travel bag yang besar dapat ditaruh di bagasi bus, usahakan tidak berpencar agar kamu tidak kesulitan dalam mencari atau mengambilnya.

Alangkah baiknya, pihak operator bus juga menyediakan loker diatas kepala penumpang yang bisa dikunci selama perjalanan, sehingga menjadi tempat yang aman untuk menyimpan barang berharga.

Kewaspadaan yang tinggi ketika naik bus AKAP menjadi hal yang utama bagi setiap penumpang untuk bisa menjaga barang bawaannya masing-masing dan bukan tanggung jawab dari awak bus.

Semoga informasi ini bermanfaat. (tgh)

Beli Tiket Bus AKAP di Agen Fastpay

Kemudahan mendapatkan tiket bus AKAP, kini bisa diperoleh di Agen-agen Fastpay terdekat. Berbagai macam tujuan bisa kamu dapatkan dengan operator bus yang bermacam-macam serta fasilitas yang diberikan.

Syarat perjalanan menggunakan bus AKAP juga mudah, tanpa harus antigen atau PCR. Syarat naik bus AKAP cukup menggunakan vaksin dosis dua atau ketiga.

About the Author

Tim SBF
Sentra Bisnis Fastpay adalah peluang bisnis masa depan modal kecil layanan terlengkap dan terpercaya dan pasti untung dengan teknologi keamanan transaksi handal dan support maksimal 1x24 jam. Ada 7 layanan handal dalam 1 genggaman. Anda ingin berkonsultasi silahkan hubungi tim SBF di 08175011058. Salam sukses.
Show
Hide
error: Klik Kanan Disabled..!