Mulai 28 Juni Syarat PELNI Wajibkan Hasil Tes Antigen atau PCR untuk Perjalanan

Mulai 28 Juni Syarat PELNI Wajibkan Hasil Tes Antigen atau PCR untuk Perjalanan

Melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia membuat syarat naik PELNI dengan menerapkan protokol kesehatan untuk hasil tes antigen atau PCR sebagai syarat perjalanan menggunakan kapal PELNI.

Aturan pencegahan penyebaran Covid-19 sesuai SE Satgas Covid-19 Nomor 12 Tahun 2021 dan SE Kementerian Perhubungan Nomor 25 Tahun 2021 tentang protokol kesehatan harus dipatuhi penumpang.

Untuk penumpang kapal PELNI, sebagai persyaratan dokumen perjalanan yang berlaku mulai 28 Juni 2021, bahwa seluruh calon penumpang diwajibkan menyertakan surat hasil pemeriksaan antigen ataupun PCR dengan masa berlaku 3 x 24 jam.

Kepada seluruh calon penumpang kapal PELNI untuk melindungi seluruh kru yang bertugas dan penumpang lainnya. Penumpang kapal PELNI agar dapat memastikan kondisi kesehatan dalam keadaan baik dan sehat untuk melakukan perjalanan sebelum berpergian dengan kapal PELNI.

Penumpang dapat menunda keberangkatan ataupun mengajukan pengembalian tiket (refund) dan akan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku di PELNI.

PT PELNI juga melakukan screening ketat terhadap calon penumpang kapal yang akan naik, baik bagi penumpang di area pelabuhan (pre on board), penumpang yang berada di atas kapal (on board) dan ketika penumpang kembali turun menuju area pelabuhan (pasca on board).

Kru kapal juga secara rutin melakukan penyemprotan disinfektan dan pembersihan pada ruang-ruang kapal, seat/kasur penumpang, serta penyediaan handsanitizer pada sudut-sudut kapal. Selama berada di atas kapal, para penumpang juga diwajibkan untuk menggunakan masker dan menjaga jarak antar penumpang serta sejumlah persyaratan penerapan protokol kesehatan lainnya.

Ketentuan lain yang harus dipatuhi penumpang kapal PELNI:
Penumpang wajib memakai masker kain tiga lapis atau masker medis, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

Tidak diperkenankan untuk berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan.

Apabila suhu tubuh calon Penumpang melebihi ketentuan 37.5 derajat C dan menunjukkan gejala-gejala terindikasi Covid-19, maka calon penumpang dilarang untuk memasuki tempat check-in dan naik pesawat.

Jika hasil tes PCR atau rapid antigen penumpang adalah negatif, namun menunjukkan gejala seperti demam, suhu tubuh melebihi 37,5 derajat C, maka tidak dapat melanjutkan perjalanan dan wajib tes PCR serta isolasi mandiri selama waktu tunggu hasil pemeriksaan.

Dihimbau kepada seluruh penumpang kapal PELNI hendaknya mengikuti protokol kesehatan dan aturan dokumen perjalanan dengan hasil negatif antigen dan PCR.

Pembelian tiket kapal PELNI bisa di Loket Fastpay terdekat dengan mudah. Pastikan syarat dokumen perjalanan kamu siap sesuai peraturan.

About the Author

Tim SBF
Sentra Bisnis Fastpay adalah peluang bisnis masa depan modal kecil layanan terlengkap dan terpercaya dan pasti untung dengan teknologi keamanan transaksi handal dan support maksimal 1x24 jam. Ada 7 layanan handal dalam 1 genggaman. Anda ingin berkonsultasi silahkan hubungi tim SBF di 08175011058. Salam sukses.
Show
Hide
LIVECHAT WHATSAPP