Berlaku 17 Juli, Ini Syarat Perjalanan Terbaru

Berlaku 17 Juli, Ini Syarat Perjalanan Terbaru

Pemerintah melakukan penyesuaian aturan perjalanan melalui darat, laut dan udara. Syarat perjalanan terbaru ini berlaku mulai 17 Juli 2022.

Dalam aturan perjalanan terbaru pemerintah melalui SE Kemenhub untuk syarat perjalanan terbaru naik pesawat, kereta api, bus dan kapal laut, masyarakat wajib telah sudah divaksin dosis ketiga atau booster.

Sementara itu, bagi masyarakat yang belum melakukan vaksinasi booster, diwajibkan untuk melakukan tes skrining Covid-19. Vaksin booster menjadi syarat mutlak perjalanan dalam negeri.

Vaksin booster menjadi syarat mutlak perjalanan dalam negeri

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi di Masa Pandemi COVID-19. Mulai berlaku 17 Juli 2022, Kemenhub menerbitkan sebanyak 4 (empat) SE yaitu: SE No. 68 (transportasi laut), SE No. 70 (transportasi udara), SE No. 72 (perkeretaapian), SE No. 73 (transportasi darat).

Secara umum yang diatur di dalam SE tersebut yaitu, Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) atau penumpang dengan transportasi udara, laut, darat menggunakan kendaraan pribadi atau umum, penyeberangan, kereta api antarkota dan bus antar kota antar provinsi dari dan ke daerah di seluruh Indonesia.

Syarat Perjalanan Terbaru Berlaku 17 Juli 2022

  1. Pelaku perjalanan atau penumpang dengan vaksin booster (3 dosis) tidak perlu menunjukkan hasil negatif tes PCR maupun antigen.
  2. Penumpang dengan vaksin lengkap (2 dosis) harus menunjukkan hasil negatif tes antigen yang berlaku 1×24 jam atau tes PCR yang berlaku 3×24 jam sebelum keberangkatan.
  3. Penumpang dengan vaksin pertama (1 dosis) harus menunjukkan hasil negatif tes PCR yang berlaku 3×24 jam sebelum keberangkatan.
  4. Penumpang dapat melakukan vaksinasi dosis ketiga/booster di lokasi saat keberangkatan baik di bandara, stasiun atau pelabuhan utama.
  5. Penumpang belum divaksin karena komorbid harus menunjukkan hasil negatif tes PCR (berlaku 3×24 jam) sebelum keberangkatan dan harus menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat divaksinasi Covid-19.
  6. Penumpang usia 6-17 tahun wajib sudah divaksinasi Covid-19 minimal dosis lengkap (2 dosis), tanpa perlu menunjukkan bukti negatif tes PCR ataupun antigen.
  7. Penumpang 6 tahun ke bawah tidak perlu memenuhi ketentuan vaksinasi Covid-19 maupun hasil negatif tes PCR dan antigen. Selain itu, penumpang kategori ini harus didampingi orang yang sudah memenuhi ketentuan vaksinasi Covid-19 bagi penumpang domestik.

Selanjutnya bisa dilihat dalam tabel syarat perjalanan berikut

Tabel syarat perjalanan terbaru Juli 2022

Syarat Tes PCR Tidak Berlaku Bagi…

Syarat wajib PCR ada pengecualian bagi, pelaku perjalanan rutin dengan moda transportasi darat kendaraan pribadi atau umum dan kereta api dalam satu wilayah/kawasan aglomerasi perkotaan, moda transportasi perintis termasuk di wilayah perbatasan, daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar), dan pelayaran terbatas sesuai dengan kondisi daerah masing-masing.

Daftar wilayah aglomerasi antara lain:

  1. Makassar, Sungguminasa, Takalar dan Maros (Mamminasata)
  2. Medan, Binjai, Deli Serdang dan Karo (Mebingdaro)
  3. Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan (Gerbangkertosusila)
  4. Bandung Raya
  5. Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek)
  6. Semarang, Kendal, Ungaran dan Purwodadi (Kedungsepur)
  7. Yogyakarta Raya
  8. Solo Raya

Tiket Perjalanan Lengkap di Fastpay

Buat kamu yang merencanakan perjalanan antara kota atau antar provinsi dan antar pulau, bisa membeli tiket perjalanan kamu di Agen-agen Fastpay terdekat. Agen Fastpay melayani tiket pesawat domestik, tiket kereta api, tiket bus AKAP hingga tiket kapal PELNI.

Selain itu, kebutuhan digital lainnya bisa kamu dapatkan di Agen Fastpay seperti bayar tagihan, pulsa dan kuota internet, kirim barang ekspedisi, top up emoney, voucher game, transfer uang, dll. Semua ada di Fastpay.

Dengan kebutuhan masyarakat Indonesia di atas, membuat bisnis PPOB menjadi bisnis yang menjanjikan. Bisnis PPOB Fastpay bisa dilakukan dirumah hanya menggunakan smartphone.

About the Author

Tim SBF
Sentra Bisnis Fastpay adalah peluang bisnis masa depan modal kecil layanan terlengkap dan terpercaya dan pasti untung dengan teknologi keamanan transaksi handal dan support maksimal 1x24 jam. Ada 7 layanan handal dalam 1 genggaman. Anda ingin berkonsultasi silahkan hubungi tim SBF di 08175011058. Salam sukses.
Show
Hide
error: Klik Kanan Disabled..!