7 Alasan Menggunakan 4G Untuk Kebutuhan Digital

7 Alasan Menggunakan 4G Untuk Kebutuhan Digital

Alasan menggunakan 4G karena kecepatan internet yang lebih tinggi dibandingkan 3G. Namun, ada alasan lain mengapa harus beralih ke 4G dalam kebutuhan digital sehari-hari masyarakat Indonesia.

Dengan adanya teknologi seluler generasi keempat ini, masyarakat Indonesia jadi lebih mantap lagi menggunakan smartphone miliknya untuk berbagai macam kebutuhan dengan terkoneksi internet. Perlu diketahui juga, jumlah perangkat seluler yang beredar di tahun 2022 ini mencapai 370,1 juta perangkat. Wow!

BACA: Cara Isi Topup Emoney di Fastpay

Pengguna internet di Indonesia mencapai 200 juta orang atau setara dengan 73,3 persen dari populasi. Hal ini membuat Indonesia menjadi negara kelima terbesar pengguna internet di dunia.

Sistem 4G menyediakan solusi IP komprehensif di mana suara, data, dan arus multimedia dapat sampai kepada pengguna lebih cepat dan lebih tinggi dari generasi sebelumnya kapan saja dan di mana saja.

Perbandingan jaringan 3G dengan 4G

Jaringan 4G juga membuat trafik internet Indonesia melonjak. Trafik internet Indonesia tumbuh mencapai 139 persen pada tahun 2021 dibanding 2020. Dengan jaringan 4G yang semakin merata, masyarakat Indonesia mengalami perubahan perilaku dalam mengerjakan segala aktivitas berubah menjadi serba online.

Menonton video online merupakan aktivitas yang paling banyak dilakukan oleh warga +62, hampir semua pengguna internet (98 persen) melakukannya tiap bulan. Disusul aktivitas online terpopuler kedua bermain media sosial dengan 65 persen, menonton streaming siaran TV (50 persen), disusul oleh bermain game (46 persen), sisanya untuk kebutuhan WFH dan sekolah daring.

Peluang ini juga dimanfaatkan oleh para pemain media untuk berlomba-lomba menyediakan layanan yang dapat menenuhi kebutuhan pengguna, seperti misalnya OTT penyedia on-demand video streaming. Neflix, Disney+, Mola TV, Vidio dan video streaming lainnya menyediakan tontonan dan hiburan menarik pagi warga +62.

Dengan menggunakan 4G, kamu bisa menonton streaming video atau musik lebih lancar ketimbang generasi sebelumnya, menggunakan sosial media dan menjadi content creator, bermain game tanpa lag, juga melakukan video call hingga conference tanpa perlu terputus-putus.

Tujuh alasan mengapa kamu harus menggunakan jaringan 4G, simak penjelasannya di bawah.

1. Media Sosial dan Internet Cepat

Masyarakat Indonesia adalah pengguna sosial media terbesar. Mereka membutuhkan jaringan internet cepat untuk mengakses konten-konten media sosial, bahkan menjadi content creator di media sosial.

Indonesia adalah pengguna Facebook 4 terbesar di dunia dengan 140 juta orang. Pengguna Instagram mencapai 65 juta orang, 40 juta TikTok, 105 juta WhatsApp, 55 juta pengguna YouTube, 32 juta pengguna Twitter. Mereka butuh internet cepat.

Jaringan 4G menjadi syarat menggunakan media sosial tanpa hambatan.

2. Mendukung Gaya Hidup Digital

Rata-rata pengguna internet 4G menggunakan jaringan internet cepat untuk gaya hidup digital. Media sosial, belanja online, mendengarkan musik streaming, menonton video streaming membutuhkan internet cepat 4G. Download atau upload ke media sosial menjadi lebih cepat tanpa kendala. Video streaming dengan kualitas HD, bisa membuat kamu hijrah ke teknologi 4G tanpa ragu. Sebab semua itu bisa dilakukan tanpa buffering.

Hal itu tidak ditemukan dijaringan 2G atau 3G, yang ada malah menguras kuota internet kamu.

3. Membantu WfH dan Belajar Online

Selama pandemi, kebutuhan internet menjadi paling utama untuk work from home / WfH dan untuk kegiatan belajar jarak jauh secara online/luring bagi anak sekolah dan juga mahasiswa. WfH dan belajar online kemudian menjadi kebiasaan.

Bayangkan apa yang terjadi ketika pandemi tetapi kita masih menggunakan layanan 3G?. Bisa saja kita melakukan video call dengan jaringan 3G. Namun kualitas panggilan videonya tidak sebaik menggunakan 4G. Hal ini, bisa mengganggu proses pertemuan dan belajar mengajar.

BACA: 5 Tips Bisnis Agen Tiket Bus Akap Menguntungkan di Fastpay

Dengan internet 4G, kegiatan Zoom atau online meeting untuk pekerjaan atau belajar online menjadi tanpa hambatan atau kendala sinyal. Produktivitas kerja juga tidak terganggu bagi para pekerja yang WFH, selama internet aman pekerjaan lancar. Teknologi jaringan 4G menjadi kebutuhan utama.

4. Meningkatkan Produkfitas

Kecepatan internet yang dihasilkan dari 4G bisa membuat kegiatan download dan upload video menjadi lebih cepat. Aktivitas mendownload atau mengupload berkas dengan ukuran file besar pun tidak akan menjadi masalah lagi.

Internet yang kencang dari 4G, membuat banyak masyarakat Indonesia menggeluti profesi sebagai content creator. Kegiatan produktif ini, secara tidak langsung bisa menambah pundi-pundi penghasilan mereka. Untuk bermain game online, juga bisa dilakukan tanpa lag yang berdampak semakin majunya industri gaming dan e-sport di Indonesia.

5. Mendukung Aktivitas Harian

Teknologi 4G, juga sangat cocok dipakai untuk mendukung aktivitas keseharian masyarakat. Kecepatan jaringan 4G sangat mendukung kelancaran aplikasi aplikasi perbankan, e-learning, e-health, pesan makanan atau ojek online, belanja online di marketplace, dll. Kegiatan harian ini sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia.

Dengan 4G, transaksi perbankan melalui aplikasi yang tersedia dapat dilakukan hanya dalam waktu sekejap, begitu juga dengan pemanfaatan aplikasi e-health untuk berkonsultasi kesehatan. Betapa mudahnya sekarang pesan makanan hanya dirumah saja.

6. Download Lebih Cepat

Kebutuhan download yang cepat menjadi hal yang utama dalam hal video streaming, musik streaming tanpa hambatan, atau para gamer dalam memainkan game-game yang butuh kuota serta data yang besar. Bayangkan, bermain game online menggunakan jaringan bukan 4G untuk mendownload data game dalam hitungan Giga tentu sangat menjengkelkan.

Download ini juga berhubungan dengan transfer data dalam pekerjaan atau surfing internet mencari informasi. Sebagai contoh, seorang desainer grafik perlu mencari referensi desain atau asset-asset digital berbayar. Dengan internet cepat, kegiatan download menjadi lebih mudah tanpa menyita waktu sehingga produktifitas pekerjaan menjadi lebih baik.

7. Hiburan Nonstop

92 persen pengguna internet memilih mengakses video online atau video streaming sebagai hiburan disamping musik streaming semacam Spotify, YouTube Music, dll.

Menonton video secara online baik itu secara gratis melalui YouTube atau berbayar merupakan hiburan yang bisa dilakukan dimana saja. Netflix sebagai video streaming berbayar terbesar di dunia menjadi pilihan tontonan hiburan favorit selain Disney+ hotstar, Amazone Prime, Paramount+, Lionsgate Play, Mola TV, Vidio, YouTube Premium, Genflix, Sushiroll, dll. Selain itu, drakor juga menjadi favorit tersendiri.

Bila jaringan internet kamu masih menggunakan 3G, saatnya beralih ke 4G. Masing-masing operator telekomunikasi di Indonesia sudah mempunyai jaringan 4G untuk memberikan kenyamanan dalam berinternet.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan segeralah beralih ke jaringan 4G yang lebih cepat. (tgh)

Peluang Bisnis Pulsa dan PPOB Terlengkap

Penggunaan perangkat seluler di Indonesia yang mencapai 370 juta diatas populasi Indonesia. Artinya, banyak warga Indonesia menggunakan lebih dari dua perangkat. Mereka butuh pulsa dan kuota internet. Disinilah peluang bisnis pulsa masih terbuka lebar untuk dijalankan dan menghasilkan cuan. Gak cuma bisnis pulsa saja, kamu juga bisa menjalankan bisnis PPOB yang lengkap bersama Fastpay.

Anda berminat membuka Loket Pembayaran Online bermitra dengan Toko Modern Fastpay dan untuk menambah pendapatan keluarga Silahkan Klik Disini.

About the Author

Tim SBF
Sentra Bisnis Fastpay adalah peluang bisnis masa depan modal kecil layanan terlengkap dan terpercaya dan pasti untung dengan teknologi keamanan transaksi handal dan support maksimal 1x24 jam. Ada 7 layanan handal dalam 1 genggaman. Anda ingin berkonsultasi silahkan hubungi tim SBF di 08175011058. Salam sukses.
Show
Hide
error: Klik Kanan Disabled..!